English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Motivation of the week

Mario teguh
MASALAH ITU SEMENTARA..Ia hanya menjadi permanen bagi orang yang menganggapnya permanen.Kita tidak mungkin membebaskan diri dari masalah,karena masalah adalah penghormatan kepada kita.

Proses Kompilasi dari Source Code sampai Executable Binary dalam Bahasa C

Pemograman merupakan suatu proses guna mengimplentasikan algoritma dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman. Agar komputer dapat memahami program yang disusun dengan suatu bahasa pemrograman, maka dibutuhkan suatu penerjemah, yaitu interprenter atau compiler .

Proses dari bentuk source code hingga menjadi program yang executable (dapat dieksekusi secara langsung)

ditunjukkan pada gambar di bawah ini:


Adapun penjelasan dari masing-masing proses adalah sebagai berikut:

  • Saurce code: Source code (atau disebut juga source) adalah kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi. Source Code merupakan sebuah program yang biasanya dibuat dalam satu atau lebih file teks, kadang-kadang disimpan dalam database yang disimpan sebagai prosedur dan dapat juga muncul sebagai potongan kode yang tercetak di buku atau media lainnya.
    http://blog.unand.ac.id/efrizulia/2010/05/24/pengertian-source-code/
  • Compiler: Compiler adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.
    http://id.wikipedia.org/wiki/Kompiler
  • Dalam gambar di atas ada satu proses yang masih dipertanyakan, menurut saya proses tersebut adalah object code atau binary code.
  • Linker: file objek yang didapat dari proses kompilasi, untuk menjadi file yang bisa dijalankan (dieksekusi), harus di-link, proses linking memakai program blinker (blinker.exe) atau program bawaan clipper sendiri (rtlink.exe). Dalam proses linking, perlu file-file library dan mungkin file obyek tambahan lain. File hasil linking berekstensi .exe yang berarti file tersebut dapat dijalankan. File .exe ini belum tentu bebas eror.
  • Executable Binary: Binary Executable Files (Portable Executable / PE) merupakan file yang isinya diterjemahkan sebagai program oleh komputer. File ini terdiri dari beberapa tipe di windows :
  1. EXE (Executable / Application)Tipe file ini merupakan file yang sering terinfeksi virus dan sebagian besar virus juga berupa exe. Banyak virus yang bisa menempel di file ini dan begitu dijalankan, virus aslinya menyebar dan menginfeksi komputer. Oleh karena itu, sebaiknya ketika kita memiliki master program, maka di zip saja atau di rename untuk mengurangi resiko terinfeksi virus. Beberapa virus yang menginfeksi EXE misalnya w32/Virut, Troxa, Sality dan lainnya.
  2. DLL (Dynamic Link Library) dan OCX yang formatnya sebenarnya sama dengan tipe EXE, hanya saja tidak langsung dijalankan, melainkan digunakan oleh file lain seperti EXE. Sehingga virus juga bisa menginfeksi tipe file ini.
  3. SCR (Screensaver) File ini juga seperti format exe, hanya saja ber ekstensi scr, yang maksudnya adalah file screensaver. Sehingga ketika dijalankan, screensaver akan tampil. Oleh karena itu, virus sering menduplikasi dirinya dengan tipe ini dan menempatkan dirinya sebagai screensaver, sehingga ketika screensaver aktif, sebenarnya virus itu yang aktif.
  4. COM file (Command File), bisa berupa Text atau Binary File yang dijalankan under DOS / MS-DOS. Generasi awal virus sepertinya berupa file COM ini.
  5. SYS (Device Driver), merupakan file Binary yang digunakan untuk Driver. http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090504224920AA9PKmF
  • Run: menjalankan atau memproses (suatu program dari source code sampai ke executable binary).

Penjelasan proses source code menjadi executable binary, yang bisa di pahami dan di implementasikan dalam kehidupan nyata adalah banyaknya masalah yang timbul, terhadap masalah tersebut perlu dicarikan pemecahan masalah, sehingga memberikan solusi yang benar. Bila masalah tersebut dpecahkan dengan komputer maka disebut Algoritma. Secara umum algoritma adalah sejumlah langkah komputasi yang mengubah masukkan (input) menjadi keluaran (output) yang benar. Algoritma yang masih berupa logika pemecahn selanjutnya diubah menjadi program computer (source code) menurut bahasa pemogarman tertentu, selanjutnya source code ini perlu di kompilasi oleh penejemah (compiler, interpreter), menjadi kode – kode yang dapat di mengerti dan dijalankan oleh computer. Kode ini disebut executable.

Penjelasan proses kompilasi source code sampai executable dalam bahasa C

  • Pertama-tama program C ditulis dengan menggunakan editor. Program ini disimpan dalam file yang disebut file program sumber (dengan ciri utama memiliki ekstensi .c).
  • File include (umumnya memiliki ekstensi .h, misalnya stdio.h, atau biasa disebut dengan file judul (header file)) berisi kode yang akan dilibatkan dalam program C (Pada program tertentu bisa saja tidak melibatkan file include).
  • Berikutnya, kode dalam file program sumber maupun kode pada file include akan dikompilasi oleh kompiler menjadi kode obyek. Kode obyek ini disimpan pada file yang biasanya berekstensi .obj, atau .o (bergantung kepada lingkungan/environment sistem operasi yang dipakai). Kode obyek berbentuk kode mesin, oleh karena itu tidak dapat dibaca oleh pemrogram. Akan tetapi kode ini sendiri juga belum bisa dipahami komputer.
  • Supaya bisa dimengerti oleh komputer, maka kode obyek bersama-sama dengan kode obyek yang lain (kalau ada) dan isi file pustaka (library file, yaitu file yang berisi rutin untuk melaksanakan tugas tertentu. File ini disediakan oleh pembuat kompiler, biasanya memiliki ekstensi .lib) perlu dikaitkan (linking) dengan menggunakan linker, membentuksebuahprogram yang executable (program yang dapat dijalankan/dieksekusi secara langsung dalam lingkungan sistem operasi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Powered by www.unl1mited.co.cc | Template design by dicka pratama © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top